Youtube - Like - Subscribe

10 Kunci Bisnis Kecil Meraih Sukses


Saat ini bisnis bukan jadi hal yang mahal. Apabila dicermati, sekarang ini orang-orang berlomba-lomba membangun dan mengembangkan bisnisnya. Apalagi bagi orang yang tidak pernah puas dengan hasil bisnis mereka. Mereka akan terus memajukan usahanya atau bisnisnya hingga mereka merasa cukup.

Bagi Anda yang ingin memulai berbisnis, harus memilih usaha yang sesuai dengan minat, lebih tepatnya bakat yang dimiliki. Ketika memilih usaha yang sesuai dengan minat dan bakat, maka Anda akan menekuni bisnis tersebut dan akan berjuang untuk mengembangkan bisnis yang dibangun. Berikut ini langkah agar bisnis kecil meraih sukses.

1. Perencanaan

Perencanaan ditujukan untuk memuat anggaran-anggaran yang diperlukan. Ketika memulai membangun suatu bisnis, Anda harus memiliki rencana anggaran dasar. Hal ini dilakukan agar anggaran yang Anda keluarkan tidak melebihi batas kemampuan bisnis Anda. Penetapan anggaran dasar itulah nanti yang akan mengontrol setiap mutasi uang yang digunakan.

2.  Teknologi rendah biaya

Ketika Anda dapat menggunakan teknologi atau barang yang sifatnya dapat lebih menekan pengeluaran maka pilihlah teknologi tersebut. Jika Anda tidak mengetahui barang atau teknologi yang dapat menghemat atau menekan pengeluaran, sebaiknya Anda melakukan survei di beberapa tempat. Ketika sudah melakukan survei tersebut, maka Anda akan mengetahui teknologi mana yang akan menghemat biaya. Di situ pulalah akan didapatkan konsep apakah yang cocok untuk bisnis tersebut.

3.  Jalin hubungan baik dengan supplier

Saat Anda sudah menentukan barang atau kebutuhan apa saja yang akan digunakan, maka carilah supplier yang dapat memenuhi keinginan dengan harga semurah mungkin, dengan begitu Anda akan merasa diuntungkan. Saat memiliki supplier yang menguntungkan, maka sebaiknya Anda menjaga hubungan atau komunikasi dengan baik. Ingat dalam bisnis teman menjadi lawan adalah hal yang biasa, maka ketika bisnis Anda sudah memiliki cukup supplier yang mencukupi dan sesuai anggaran, pertahankan hubungan baik dengan supplier itu.

4. Pilih karyawan yang baik

Pilihlah karyawan yang baik, karena dimanapun semua orang selalu ingin dilayani dengan baik, sopan, ramah, dan murah senyum. Selaku owner atau pemilik bisnis Anda harus memiliki ketegasan dan kriteria karyawan. Lakukan tes mendalam yang membuat Anda yakin bahwa dia layak sesuai dengan kriteria, oleh karena itu, tetapkan kriteria karyawan, mengingat merekalah yang secara langsung melakukan guest contact dengan setiap tamu yang datang. Bekalilah karyawan dengan soft skill dasar supaya mereka bisa memberikan pelayanan prima bagi pelanggan.

5. Jual kelebihan dari produk Anda

Jual kelebihan dari produk Anda, bukan harganya. Jangan pernah menganggap harga adalah segala-galanya. Percuma ketika Anda mematok harga tinggi namun kualitasnya belum mumpuni. Buatlah sesuatu produk yang memiliki mutu yang sangat bagus dengan harga yang mampu dijangkau. Jangan hanya memikirkan berapa untung yang akan Anda dapat namun fikirkan apa feedback yang akan pelanggang terima.

Percayalah ketika memberi harga yang mampu mereka jangkau, mereka akan membawa pelanggan baru yang lebih banyak untuk Anda. Bagi pelanggan yang puas dengan produk Anda, mungkin pelanggan tersebut akan mempromosikan kepada teman-temannya tentang produk Anda. Ini merupakan promosi yang sangat murah tetapi dampaknya luar biasa bagi bisnis Anda.

6.  Promosi terus-menerus

Dalam bisnis Anda tidak boleh berhenti melakukan promosi, karena promosi adalah hal wajib yang tidak bisa dipisahkan dari bisnis. Mengingat begitu pentingnya kelancaran bisnis maka Anda harus membangun relasi bisnis dengan banyak pihak yang bisa mempromosikan bisnis Anda. Pilihlah promotor yang sudah mumpuni dan terbukti hasil promosinya. Selain pemilihan promotor lakukan pengiklanan di banyak media, baik media cetak, elektronik, maupun sosial.

Jika ingin promosi dengan menekan biaya, Anda dapat melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain, karena biayanya murah dan pengguna media sosial semakin banyak. Lakukan pemilihan dengan baik jangan langsung tergiur oleh penawaran dari promotor karena promosi yang dilakukan akan berpengaruh besar pada perkembangan bisnis Anda.

7. Inovasi produk dan cara kerja

Harus selalu diingat, dalam setiap harinya persaingan bisnis akan selalu bertambah. Jika Anda tidak ingin merugi, lakukan perubahan dalam sistem kerja. Dalam hal ini juga agar karyawan Anda tidak merasakan kejenuhan dan tidak melarikan diri dari bisnis Anda. Lakukan perubahan pada pola kerja di beberapa hal dan selalu lakukan evaluasi kinerja tiap akhir minggu atau bulan, sehingga Anda tahu apa yang harus dirubah. Selain itu lakukan inovasi untuk produk-produk Anda agar orang tidak merasakan kejenuhan pada produk Anda.

8. Berpikir realistis

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bepikir realistis. Berpikir relistis di sini berarti harus memahami bahwa dalam dunia bisnis seorang teman dapat menjadi lawan. Dan tidak akan pernah ada lawan yang mau menjadi teman kecuali ada kepentingan lain. Semua mereka lakukan karena ingin mencari keuntungan. Anda harus memahami etika dalam berbisnis supaya tidak merugi. Tempatkan diri Anda menjadi orang profesional yang mengutamakan kelancaran dan kemajuan bisnis. Dengan begitu, Anda tidak mudah tertipu oleh penawaran pebisnis lainnya.

9. Jangan membuang-buang waktu

Dedikasikan diri Anda untuk mengembangkan usaha. Jika Anda begitu menghargai waktu yang dimiliki, gunakan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Saat Anda memanfaatkan waktu tersebut Anda akan memiliki hal-hal atau pemikiran untuk memajukan usaha. Selain Anda, ajaklah orang-orang yang memiliki andil di belakang Anda untuk mengembangkan ide-idenya.

10. Selalu bekerja keras

Jangan menganggap apa yang Anda jalani saat ini hanyalah sebuah main-main belaka. Bekerja keraslah untuk memajukan bisnis mengingat di bawah Anda banyak sekali orang yang menggantungkan diri pada Anda, maka Anda harus selalu berfikir dan bekerja keras demi memajukan bisnis. Tidak ada satupun yang ingin merugi dalam berbisnis. Untuk itu Anda sebagai pebisnis hendaknya memperhatikan hal-hal di atas dengan sebaik-baiknya serta harus menerapkannya demi kebaikan dan kelancaran bisnis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kunci Bisnis Kecil Meraih Sukses"

Post a Comment